Publication Ethic

ETIKA PUBLIKASI

Media Aplikom  adalah jurnal ilmiah berkala elektronik peer-review. Pernyataan berikut menjelaskan etik semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di jurnal ini baik penulis, Badanpengelola jurnal, Managing Editor,  Section Editor, Journal Manager, Reviewer dan penerbit (Stikom yos Sudarso Purwokerto). Pernyataan didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

PEDOMAN ETIKA PUBLIKASI JURNAL

Penerbitan artikel Media Aplikom ditinjau oleh peer-reviewer sebagai landasan dalam pengembangan yang koheren dan menghargai jejaring pengetahuan. Pedoman etika ini menjadi cerminan kualitas naskah dan lembaga pendukung. Artikel peer-review akan mendukung dan mewujudkan alikasi metode ilmiah. Oleh karena diperlukan kesepakatan standar perilaku etikbagi semua pihak yang terlibat dalam penerbitan: penulis, badan pengelola, managing editor, section editor, reviewer, journal manager, penerbit dan khalayak.

Stikom Yos Sudarso Purwokerto sebagai penerbit Media Aplikom menjalankan tugas menjaga seluruh tahapan penerbitan dengan konsisten dan bertanggung jawab. Penerbit berkomitmen bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak akan memiliki pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu, Stikom Yos Sudarso Purwokerto dan Dewan Redaksi akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain yang sekiranya dapat berguna.

KEPUTUSAN PUBLIKASI

Editor Media Aplikom bertanggung jawab dalam memutuskan artikel yang diterbitkan. Validasi artikel dan mendorong penulis untuk memenuhi ketentuan menjadi hal penting. Para editor dipandu dengan kebijakan dewan redaksi dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau reviewer lain dalam pembuatan keputusan.

Fair Play

Editor selalu mengevaluasi naskah menjamin konten intelektual tanpa memandang suku, agama, ras dan jenis kelamin ataupun  filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak dipebolehkan mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan selain kepada penulis yang bersangkutan, reviewer, badan pengelola dan penerbit.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi dalam naskah yang tidak dipublikasikan dan telah dikirim ke editor tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

TUGAS REVIEWER

Kontribusi dalam Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial melalui komunikasi editorial dengan penulis atau dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.

Kecepatan

Reviewer yang tidak memenuhi syarat untuk menelaah naskah atau tidak menepati waktu harus memberikan informasi kepada editor dan mengundurkan diri dari proses review.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk ditelaah harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Tidak diperbolehkan untuk memperlihatkan atau mendiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif dan harus menghindari kritik pribadi terhadap penulis. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer dapat menunjukkan rujukan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan pengamatan, atau argumen harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus meminta editor terkait kesamaan substansial atau tumpang tindih antar naskah yang sedang dipertimbangkan yang akan diterbitkan jika memang ada indikasi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide penting dari proses peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah yang terdapat konflik kepentingan berkaitan dengan persaingan, kolaboratif atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun dalam naskah.

TUGAS PENULIS

Standar pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat serta pembahasan yang objektif. Data yang mendasari naskah harus diberikan secara akurat. Sebuah naskah harus berisi referensi yang detail dan memadai agar orang lain dapat mereplikasi karya. Pemaparan yang tak sesuai dengan kenyataan atau dengan sengaja disajikan dengan tidak akurat dinyatakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Retensi Data

Penulis diminta untuk memberikan data mentah guna penelaahan editorial dan harus siap menyediakan akses publik ke data tersebut (konsisten dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Basis Data). Penulis harus bersedia menyimpan data tersebut dalam jangka waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan naskah yang ditulis adalah asli dan jika menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain maka telah dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan manuskrip yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan naskah yang disampaikan.

Kepenulisan Naskah

Kepenulisan harus dibatasi pada orang  yang memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, interpretasi studi yang dituliskan. Semua orang yang memberikan kontribusi harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Keberdaaan orang / pihak lain yang berpartisipasi secara substantif dalam penelitian harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan semua rekan penulis adalah sesuai dan semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final naskah dan menyetujui untuk dipublikasikan.

Kebahayaan dan Subjek Manusia atau Hewan

Jika naskah  melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan memiliki sifat berbahaya yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam manuskrip.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah terakit seluruh konflik kepentingan keuangan atau substantif lainnya yang berpotensi ditafsirkan mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan dalam naskah yang diterbitkan maka penulis diwajibkan memberikan informasi kepada editor atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau melakukan perbaikan.