Model Perancangan Teknologi E-Rumah Sakit Dengan Implementasi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)

Authors

  • ayu nila dewi ITB STIKOM BALI

DOI:

https://doi.org/10.33488/1.ma.2019.1.210

Keywords:

CRM, Hospitals, Customers, External Environment, Technology

Abstract

Perancangan teknologi e-hospital dengan menerapkan CRM merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap pelayanan kesehatan. Rumah sakit memiliki beberapa kendala dalam upaya proses bisnis yang sedang berlangsung. Beberapa rumah sakit telah menggunakan teknologi dalam proses pelayanan rumah sakit mulai dari pendaftaran sampai dengan pembayaran. Permasalahan yang terjadi dimana tahapan proses yang terjadi saat ini belum memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan proses yang ada. Dari permasalahan tersebut dalam penelitian ini akan dilakukan analisa dengan menggunakan model CRM (Customer Relationship Management) untuk melakukan analisa dengan memberikan gambaran kondisi yang ada di lapangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi yang ada saat ini di lapangan dan memberikan gambaran lingkungan internal, lingkungan eksternal. Hasil penelitian memberikan rekomendasi untuk mengetahui bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan, menambah pelanggan baru dan menjaga loyalitas terhadap pelanggan. Dari hasil analisa lingkungan internal dan eksternal akan memberikan gambaran tentang perancangan sistem untuk proses pengolahan data pasien rawat inap dan pasien rawat jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

[1]
“Model Perancangan Teknologi E-Rumah Sakit Dengan Implementasi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)”, Media Aplikom, vol. 11, no. 1, pp. 35–48, Oct. 2019, doi: 10.33488/1.ma.2019.1.210.