Analisis Persepsi User Satisfaction Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Authors

  • Eko Siswanto STMIK Pro Visi
  • Edwin Zusrony STEKOM Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33488/1.ma.2019.2.235

Keywords:

indonesian

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi saat ini mutlak menjadi kebutuhan. Pelayanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) bagi sebuah intitusi kampus memiliki peran sentral dalam mengatur proses pendidikan yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan pengguna SIAKAD berdasarkan variabel user satisfaction dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Sekolah Tinggi Komputer di Kota Semarang dengan jumlah responden 100 orang. Pengujian penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan  software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan nilai F-hitung sebesar 19,445 > F-tabel 2,68 dengan sig. 0,000a < 0,05 yang dapat dijelaskan seluruh independent variable (information content, accuracy, format, ease of use, timelines) berpengaruh secara simultan terhadap dependent variable (user satisfaction). (information content, accuracy, format, ease of use, timelines). Variabel Timelines (T) merupakan variabel yang dominan terhadap User Satisfaction (US) dan memiliki pengaruh positif dan signifikan (<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-13

How to Cite

[1]
“Analisis Persepsi User Satisfaction Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)”, Media Aplikom, vol. 11, no. 2, pp. 105–117, Jan. 2020, doi: 10.33488/1.ma.2019.2.235.