Analisis Pengukuran Tingkat Efektifitas Sistem Informasi Administrasi (SIA) Pada CV Axzlindo Telematika Purwokerto

Main Article Content

Endang Setyawati
Suyudi Suyudi
Antonius Ary Setyawan

Abstract

Perkembangan teknologi,  sangat cepat di berbagai bidang, salah satu perkembangan yang penting adalah penggunaan alat pengolah data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.       


Penelitian dengan Judul Analisis Pengukuran Tingkat Efektifitas Sistem Informasi Administrasi pada studi kasus CV Axlindo Telematika Purwokerto, bertujuan untuk mengetahu Tingkat Efektifitas pada pembuatan laporan sebelum dan setelah menggunakan sistem yang baru lebih cepat.


Pengambilan data dilakukan pada pembuatan laporan yang dibutuhkan oleh Meneger pada setiap bagian. Setiap laporan akan diukur tingkat efektifitas kecepatan pembuatannya laporan pada sistem informasi administrasi. Data yang telah diperoleh di analisis dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan analisis pengukuran tingkat efektifitas menggunakan model Paired Samples T Test. Uji ini dilakukan untuk membandingkan rataan kecepatan dari dua kelompok yang diteliti satu dengan yang lain, apakah kedua kelompok tersebut mempunyai rataan yang sama atau tidak secara signifikan (nul atau alternatif hypothesis). 


Penelitian dilakukan dengan uji coba pengetesan antara waktu mengerjakan laporan sebelum dan sesudah diterapkan sistem baru. Dalam penelitian ini terbukti bahwa waktu yang digunakan untuk mengerjakan laporan setelah menggunakan sistem baru menjadi lebih cepat. Hal ini, dapat dilihat pada tabel 2, output pertama hasil analisis yaitu rataan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan laporan sebelum diterapkan sistem baru adalah 43,67 menit,  sedangkan sesudah penerapan sistem baru waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan laporan memiliki rataan waktu 7,27 menit.


Kesimpulan dari hasil Analisis Pengukuran Tingkat Efektifitas Sistem Informasi Administrasi pada CV Axlindo Telematika, dalam pembuatan laporan terbukti lebih efektif dan efisien.

References

Hariyanto, A. (2017). Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP dan MySQLi. Yogyakarta: CV. LOKOMEDIA.
Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Kadir, A. (2013). Pemrograman Database MySQL untuk Pemula. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 : Pengelolaan Data Terpraktis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Shalahuddin, M., & Rosa, A.S. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit INFORMATIKA.
Supono. (2016). Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Suryana, T., & Koesheryatin. (2014). Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Article Metrics

PDF Downloads:

Download data is not yet available.

Article Details

Abstract Reads:

160 times on this page.