Chat Bot sebagai implementasi Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Pelanggan dengan Channel Telegram

Main Article Content

Agus Suparno

Abstract

Kemudahan akses internet di era sekarang ini menjadikan tuntutan akan informasi yang cepat dari masyarakat kepada sebuah instansi yang membawahinya menjadi semakin tinggi. Sebagai contoh: orang tua calon siswa membutuhkan informasi yang cepat dan akurat dari sekolah yang ingin mereka pilih untuk anak mereka. Kebutuhan informasi tentang sekolah ini dan tata cara mendaftar berikut biaya dan hal terkait dengan sekolah tersebut menjadi informasi yang banyak ditanyakan dan dicari oleh orang tua calon siswa. Ditunjang dengan kepemilikan smartphone yang hampir merata pada calon siswa ini menyebabkan pihak sekolah menjadi kewalahan dalam melayani pertanyaan-pertanyaan masuk dari calon siswa dan orang tua calon siswa. Bahkan calon siswa dan orang tua calon siswa menuntut jawaban yang cepat dan akurat bahkan diluar jam sekolah, sehingga sekolah tidak mampu untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Berdasarkan permasalahan tersebut di atas penulis mencoba memberikan solusi dengan membuat sebuah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat menangani dan menjawab secara cepat semua pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon siswa atau orang tua siswa terhadap sekolah yang ingin mereka pilih. Mesin cerdas ini akan bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu sehigga bisa melayani dan menjawab semua pertanyaan bahkan pada hari libur sekalipun. Solusi ini tidak hanya ditujukan untuk sekolah-sekolah tetapi juga untuk perusahaan-perusahaan atau instansi yang memiliki interaksi dengan pelanggan dalam jumlah yang banyak.

Article Metrics

PDF Downloads:

Download data is not yet available.

Article Details

Abstract Reads:

25 times on this page.