SISTEM KONTROL DAN MONITORING JEMURAN PAKAIAN BERBASIS IOT DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLYNK

Main Article Content

selina anindita oktiva

Abstract

Di era perkembangan teknologi dan informasi seperti sekarang ini, manusia semakin dituntut kreatif untuk membuat peralatan yang memanfaatkan teknologi untuk meringankan kehidupannya. Mencuci dan menjemur pakaian adalah pekerjaan yang dilakukan oleh semua manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Cara bekerja saat menjemur pakaian masih dilakukan secara manual dan setiap orang menjemur pakaiannya di halaman rumah. Pada musim kemarau tentunya tidak terdapat kendala bagi ibu-ibu dalam hal menjemur pakaian, namun sangat bermasalah ketika musim penghujan tiba. Karena itu akan bermasalah bagi ibu-ibu yang bekerja diluar rumah (wanita karir). Mereka tidak dapat menghindari pakaian yang terjemur diluar rumah mengalami kebasahan, dan seperti biasa jika pakaian yang telah basah tersebut akan mengalami bau apek jika tidak dilakukan pencucian ulang kembali dan ini membutuhkan proses yang lama. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis membuat sistem jemuran pakaian berbasis internet of things menggunakan NodeMCU sebagai alat mengirimkan data ke server yang nantinya data-data tersebut dapat dimonitoring dan di kontrol melalui Blynk, sebagai masukan (input) alat ini menggunakan sensor cahaya (Light Dependent Resistor), sensor air dan relay untuk menghidupkan dan mematikan sensor sensor dan motor stepper. Untuk keluaran (output) ada motor stepper sebagai penggerak tempat jemuran pakaian. Pada saat hujan resistansi sensor air di bawah 900 dan cahaya gelap dengan nilai resistansi cahaya di atas 400. Ketika hujan atau tidak hujan cuaca panas atau gelap Blynk akan mengirimkan notifikasi sehingga kita dapat mengontrol jemuran pakaian.

References

Asy, M. A., & Rohmah, M. F. (n.d.). HOME BERBASIS IOT.
Fitriyah, H., & Setyawan, G. E. (2019). Sistem Pemantauan Menggunakan Blynk dan Pengendalian Penyiraman Tanaman Jamur Dengan Metode Logika Fuzzy. 3(4).
Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.
Ilmiah, P., Setiawan, A., Studi, P., Elektro, T., Teknik, F., & Surakarta, U. M. (2019). RANCANG BANGUN PROTOTYPE JEMURAN PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS IOT TELEGRAM DAN NODEMCU ESP32.
Irigasi, S. (2018). PENERAPAN INTERNET OF THINGS ( IoT ) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI. 3(2).
Manajemen, J., Teknik, D. A. N., & Arduino, M. (2019). Jurnal manajemen dan teknik informatika. 03(01).
Oktawiani, P. I., Gede, I. K., Putra, D., & Wibawa, K. S. (2018). Sistem Penjemur Pakaian Otomatis Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android. 6(3), 225–233.
Publikasi, N. (2019). SISTEM PENGENDALI JEMURAN PAKAIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS SISTEM PENGENDALI JEMURAN PAKAIAN.
R, Ichtiar Dwi Fahri W, F Trias Pontia Sanjaya, B. W. (n.d.). RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT PENJEMUR PAKAIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IoT ).
Rachman, A. N. (2018). Seri Sains dan Teknologi SISTEM INFORMASI WISATA DI AMPERA WATERPARK Seri Sains dan Teknologi P-ISSN 2477-3891. 4(2), 87–92.
Rismawan, E., Sulistiyanti, S., & Trisanto, A. (2012). RANCANG BANGUN PROTOTYPE PENJEMUR PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535. 1(1), 49–57.

Article Metrics

PDF Downloads:

Download data is not yet available.

Article Details

Abstract Reads:

173 times on this page.