Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Kepuasan Pembelajaran Online Dengan Kualitas Media Open Learning Berdasarkan Metode WebQual 4.0

Main Article Content

Hadwitya Handayani Kusumawardhani

Abstract

Media pembelajaran e-learning menjadi salah satu media pembelajaran. Dengan e-learning pembelajaran bisa dilakukan secara daring. Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dengan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (Fastikom) telah menggunakan e-learning dengan media bernama open learning. Lalu apakah media open learning tersebut dapat digunakan dengan baik oleh mahasiwa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dilakukanlah penelitan terhadap kualitas media open learning dengan kepuasan pembelajaran mahasiswa menggunakan media tersebut. Untuk menguji kualitas media open learning digunakan metode WebQual 4.0 lalu dihubungkan dengan kepuasan pembelajaran mahasiswa yang juga diuji dengan metode PLS-SEM. WebQual 4.0 digunakan karena pengukuran kualitas dilakukan atas dasar presepsi dari penggunanya, dan nantinya akan di uji dengan PLS-SEM yang dapat digunakan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampelnya tidak harus besar. Dengan Webqual 4.0 digunakan variabel kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, kualitas antar muka dan usability sebagai variabel yang akan mempengaruhi kepuasan pembelajaran mengunakan media open learning. Data yang diambil dari mahasiswa Fastikom UMPP, dan telah dianalisis menghasilkan simpulan bahwa kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, kualitas antar muka, dan usability mempengaruhi kepuasan pembelajaran menggunakan media open learning sebesar 73,9%, dan hanya usability saja yang mempengaruhi secara signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa usability yang paling mempengaruhi bagaimana kepuasan mahasiswa dalam belajar menggunakan media open learning.

References

Abdul Latip. 2020. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1(2): 108–16.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. 2013. “A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks.” Sage: 165.
Jaya, I Gede Nyoman Mindra, and I Made Sumertajaya. 2008. “Pemodelan Persamaan Structural Dengan Partial Least Square.” Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008: 118–32.
Marliana, Reny Rian. 2019. “Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi 16(2): 174.
Metode, Pengaruh et al. 2017. “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User.” Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan: 477–84.
Napitupulu, Rodame Monitorir. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 7(1): 23–33.
Prayogo, Arifyan Dwi, and Mamun Sutisna. 2018. “Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Penggunaan Kembali.” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi 3(2): 39.
Rifai, Agus. 2015. “Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Untuk Mengukur Ekspektasi Penggunaan Repositori Lembaga: Pilot Studi Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Al-Maktabah 14(1): 56–65.
Wang, Yi-Shun, Hsiu-Yuan Wang, and Daniel Shee. 2007. “Measuring E-Learning Systems Success in an Organizational Context: Scale Development and Validation.” Computers in Human Behavior 23: 1792–1808.

Article Metrics

PDF Downloads:

Download data is not yet available.

Article Details

Abstract Reads:

246 times on this page.