Determinasi Faktor Kemampuan Dokter, Perawat dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Sejahtera Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.33488/1.ma.2015.4.95Abstract
Kepuasan pasien menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama bagi institusi layanan kesehatan, seperti Klinik Sejahtera Purwokerto. Terlebih lagi Klinik Sejahtera merupakan lembaga swasta yang eksistensinya tergantung pada kepercayaan pelanggan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh faktor kemampuan dokter, sikap perawat dan fasilitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Klinik Sejahtera. Sasaran penelitian ini adalah pasien rawat inap dan/atau keluarganya di Klinik Sejahtera. Metode penelitian menggunakan metode survai. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kemampuan dokter, sikap perawat dan fasilitas pelayanan secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Faktor kemampuan dokter mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien dibandingkan variabel sikap perawat dan fasilitas pelayanan.
Downloads
References
Azwar, Saifudin, 1997, Validitas dan Reliabilitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Gerungan, W.A.J., 2002, Psikologi Sosial, Eresco, Bandung.
Gibson, Ivanicevich dan Donelly, 1996, Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur dan Proses, Erlangga, Jakarta.
Moenir, H.A.S, 1997, Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Pegawai, Gunung Agung, Jakarta.
Moenir, HAS. 2011, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta.
Rahmat, Jallaludin, 1998, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sarwoto, 1998, Dasar-Dasar Organisasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sinungan, Muchdarsyah, 2000, Produktivitas Apa dan Bagaimana, Rineka Cipta, Jakarta.
Steers, Richard M., 1995, Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta.
Swasto, Bambang, 1996, Pengembangan Sumber Daya Manusia; Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan, Universitas Brawijaya, Malang.
Thoha, Miftah, 2010, Perilaku Organisasi; Konsep Dasar dan Aplikasinya, Rajawali, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2000. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Media Aplikom applies the Creative Commons Attribution (CC BY) license to works we publish. Under this license, authors retain ownership of the copyright for their content, grant the journal right of first publication, but allow anyone to download, reuse, reprint, modify, distribute and/or copy the content as long as the original authors and source are cited. No permission is required from the authors or the publishers. Appropriate attribution can be provided by simply citing the original article.
