Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PD BKK. Purwokerto Cabang HR Bunyamin

Authors

  • Lynawati Lynawati Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33488/1.ma.2015.3.97

Keywords:

Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas  nasabah,  dan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  pengaruh  kepuasan  nasabah sebagai variabel intervening dalam memediasi pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian dilakukan di PD BPR BKK Purwokerto Cabang HR Bunyamin dengan sasaran nasabah tabungan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan path analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan   bahwa   Kepercayaan   mempunyai   pengaruh   signifikan   terhadap   loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (t hitung =6,675 > t tabel 1,98). Kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (t hitung = 4,367 > t tabel 1,98). Kepuasan nasabah mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (t hitung = 8,587 > t tabel 1,98). Kepuasan nasabah sebagai variabel intervening dapat memediasi pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan peningkatan pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah, yang semula 55,9 persen menjadi 74 persen setelah  adanya  kepuasan  nasabah  sebagai  variabel  mediasi.  Berdasarkan  hasil  tersebut, seluruh hipotesis yang diajukan diterima.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, H. 1998. Consumer Behavior and Marketing Action Second Edition. Boston : Kent Publishing Company

Hermanto, Ken Agung, 2006, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan Simpeda Bank Jateng), Tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang, Tidak Diterbitkan

Ishak, Asmai dan Zhafiri Luthfi, 2011, Pengaruh Kepuasan dan Keprcayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi tentang Peran Mediasi Switching Cost, “Jurnal Siasat Bisnis Vol. 15 No. 1, Januari 2011.

Kotler, Phillip. 2003. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga.

Musanto, Trisno, 2004, Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya, “Jurnal Manajemen & Kewirausahaan” Vol. 6, No. 2, September 2004.

Nasution, Reza Ashari dan Angela Saskia Widjajanto, 2007, Proses Pembentukan Kepercayaan Konsumen; Studi pada Sebuah Usaha Kecil Menengah Percetakan Digital di Bandung, “Jurnal Manajemen Teknologi” Volume 6 Nomer 2.

Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Article

How to Cite

[1]
“Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PD BKK. Purwokerto Cabang HR Bunyamin”, Media Aplikom, vol. 4, no. 3, pp. 55 – 66, Sep. 2015, doi: 10.33488/1.ma.2015.3.97.