Guideline for Author

Jurnal HUMMANSI adalah publikasi berkala ilmiah tentang ilmu humaniora, manajemen dan akuntansi sebagai media penyebaran informasi hasil penelitian bagi dosen, peneliti dan praktisi. Jurnal ini hanya memuat artikel-artikel penelitian dan analisis ilmiah di bidang:

1. Humaniora (Sosial, Budaya, Pendidikan, Anthropologi, Teologi)
2. Manajemen (Manajemen dan Kebijakan)
3. Akuntansi

Artikel yang dikirimkan ke jurnal HUMMANSI harus merupakan karya asli, yaitu artikel yang belum pernah diterbitkan atau diterima untuk diterbitkan pada jurnal/buku lain baik secara keseluruhan maupun sebagian besar; dan tidak boleh diserahkan ke jurnal lain untuk publikasi bersamaan atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan atau bahkan sedang ditinjau. Artikel yang dikirimkan ke jurnal HUMMANSI dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.

1. Pedoman Penulis Umum

Semua manuskrip dapat dikirimkan ke Kantor Redaksi Jurnal HUMMANSI melalui Online Submission (tautan di bagian atas halaman ini), di mana penulis mendaftar sebagai Penulis.

2. Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam template naskah MS Word. Template naskah dapat diunduh pada tautan berikut: Template Manuskrip Jurnal HUMMANSI.

3. Review Naskah

Naskah yang dikirimkan ke Jurnal HUMMANSI akan ditinjau oleh Managing editor dan Section editor dan/atau reviewer independen. Naskah akan dievaluasi berdasarkan kesesuaian dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal HUMMANSI, kontribusi disiplin, analisis stabilitas, kejelasan presentasi dan kecukupan teknis. Keputusan untuk publikasi, perubahan, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka. Jika dua atau lebih reviewer menganggap sebuah naskah tidak layak untuk diterbitkan dalam jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu maksimal tiga bulan sejak tanggal pengajuan.

4. Revisi Naskah

Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk direvisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Naskah yang telah direvisi dapat dikirim ke redaksi melalui Submission Online. Naskah revisi yang dikembalikan lebih dari waktu yang ditentukan akan dianggap sebagai kiriman baru.

5. Pedoman Pengajuan Online

Penulis terlebih dahulu harus mendaftar sebagai Penulis melalui alamat berikut: https://journal.stikomyos.ac.id/index.php/jurnal-hummansi/login

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua kotak teks formulir diisi, Penulis mengklik tombol “Register” untuk melanjutkan pendaftaran. Penulis akan dipandu secara sistem online di mana Penulis harus mengklik "New Submission". Di bagian Pengajuan Baru, klik "'Click Here”: untuk melanjutkan ke langkah pertama dari proses pengiriman lima langkah". Berikut adalah lima langkah dalam proses pengajuan online:

Setelah penyerahan ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pelacakan pengiriman mencakup status tinjauan naskah dan proses editorial.

6. Pedoman Penyusunan Naskah

STRUKTUR MANUSKRIP

Judul: Judul harus singkat, menggambarkan keunikan penelitian, tidak lebih dari 15 kata, dan harus dimulai dengan huruf kapital untuk setiap awal kata.

Nama penulis dan afiliasi. Nama penulis harus dicantumkan afiliasi (tulis lengkap) dan alamat email, tanpa gelar akademik.

Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris, satu paragraf dengan spasi tunggal (150-200 kata) tanpa referensi atau rumus. Kata kunci terdiri dari 4-5 kata atau frase (berdasarkan abjad). Abstrak berisi uraian singkat tentang latar belakang penelitian (maksimal dua kalimat), tujuan, metode, hasil utama, dan kesimpulan.

Pendahuluan: Pendahuluan ditulis tanpa angka dan/atau penunjuk. Bagian ini terdiri dari (i) sifat dan ruang lingkup masalah dalam konteks yang lebih luas (nasional, regional, internasional), (ii) tinjauan teori dan literatur dan yang relevan yang mampu menunjukkan kebaruan, (iii) signifikansi/kebaruan/kontribusi penelitian ini pada pengetahuan, (iv) tujuan dari penelitian ini. Jika ada hipotesis, nyatakan secara eksplisit dan bukan dalam kalimat tanya. Itu harus ditulis secara efisien dan didukung oleh referensi. Diskusi ekstensif literatur yang relevan harus dimasukkan dalam diskusi, bukan dalam pendahuluan.

Metode penelitian: Berisi desain penelitian yang digunakan (metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengukuran variabel) yang ditulis dalam bentuk paragraf mengalir (tidak dibuat numbering). Penulisan rumus, persamaan-persamaan disusun pada baris terpisah dan diberi nomor secara berurutan dalam parentheses (justify) dan diletakkan pada margin kanan sejajar dengan baris tersebut.

Hasil dan Pembahasan: Berisi hasil temuan penelitian dimana antara hasil dan pembahasan tidak dilakukan pemisahan. Harapannya dalam pembahasan ini penulis mengkaji hasil temuannya dan di rujuk silangkan dengan studi teoritik maupun studi empirik yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif (Nandika et al., 2020). Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substantial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb.

FORMAT PENULISAN NASKAH:

Naskah ditulis pada kertas A4 dengan ukuran kanan 4; atas 3; kiri 3 dan bawah 3 dengan satu kolom font Calibri (Body) ukuran 11  spasi 1 dengan jumlah antara 3000-5000 kata (tidak termasuk daftar pustaka).

1. Naskah dapat ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
2. Judul ditulis dengan huruf besar pada awal kata dengan font Calibri  Bold 16 spasi 1 maksimal 15 kata.
3. Penulis ditulis lengkapa tanpa gelar dan jabatan font Calibri 10, diberikan penomoran jika penulis lebih dari satu dan berbeda afiliasi.
4. Afiliasi penulis ditulis pada tingkat nama universits/ lembaga dan jika sama maka cukup ditulis satu dengan memberikan kode penomoran (jika penulis lebih dari 1).
5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia sebanyak 150-200 kata apabila naskah dalam Bahasa Indonesia. Abstrak menjelaskan latar, tujuan, metode, hasil dan rekomendasi (jika ada). Abstrak tidak memuat uraian matematis dan bahasa statistik. Pada akhir abstrak diakhiri dengan kata kunci 4-5 kata yang mampu merepresentasi tulisan tanpa mengambil kata yang ada dalam judul.
6. Judul Bahasa Inggris perlu dituliskan apabila naskah dalam bahasa Indonesia maksimal 15 kata.
7. Abstract ditulis dalam Bahasa inggris dan dituliskan pada naskah artikel baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris.
8. Sistematika tulisan selanjutnya adalah Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima (jika ada) dan Daftar Pustaka. Lampiran dapat dimasukkan jika informasi  tersebut diperlukan dan tidak termuat dalam naskah.

Tata kelola kepustakaan wajib menggunaan sistem APA 7th Edition dengan Mendeley.