Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying
DOI:
https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.213Keywords:
Impulse Buying, online visual merchandising, Promosi, Penjualan OnlineAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui impulse buying pengguna Aplikasi e-commerce Shopee. Penelitian ini untuk membuktikan bahwa tidak semua dimensi visual merchindising mampu menstimuli impulse buying sesuai dengan gap dari beberapa penelitian sebelumnya. Sampel pada penelitian ini 192 responden masyarakat kebumen pengguna aplikasi Shopee yang aktif melakukan pembelian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah online visual merchandising: online produt presentation (X1), web/aplication design (X2), web/aplication advertising (X3), promosi penjualan online (X4) dan impulse buying (Y). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi berganda. Dari 3 dimensi online visual merchandising, terbukti hanya web/aplication advertising yang berpengaruh, kemudian promosi penjualan online juga berpengaruh positif terhadap impulse buying. Terbukti bahwa presentasi produk dan disain aplikasi tidak mampu menstimuli impulse buying. Sehingga seller di aplikasi Shopee untuk dapat memanfaatkan iklan dan promosi yang dilakukan Shopee dengan sebaik mungkin.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Hummansi applies the Creative Commons Attribution (CC BY) license to works we publish. Under this license, authors retain ownership of the copyright for their content, grant the journal right of first publication, but allow anyone to download, reuse, reprint, modify, distribute and/or copy the content as long as the original authors and source are cited. No permission is required from the authors or the publishers. Appropriate attribution can be provided by simply citing the original article.
