Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto)
DOI:
https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.226Keywords:
Kabupaten Banyumas, Kecamatan Purwokerto, Teknologi 4.0, Bank Indonesia, e-commerceAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor kecenderungan pengguna layanan transaksi digital terhadap Financial Technology (Fintech) dengan Model E-Money Go-Pay di Purwokerto. Data primer dikumpulkan dengan metode angket (kuisioner) dan wawancara (interview) dari responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara nonprobabilitas (nonacak) berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dan dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang dihimpun sebanyak 518 responden dari 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu Kecamatan Purwokerto Selatan, Barat, Timur dan Utara dengan ketentuan bahwa responden adalah pengguna Go-Pay di Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu masyarakat kota Purwokerto telah banyak menggunakan E-Money Go-Pay dalam melaksanakan aktivitas hariannya terutama dalam hal bertransaksi secara digital. Terdapat hubungan model pembayaran, durasi pemakaian FinTech E-Money Go-Pay di kota Purwokerto, jumlah karakteristik responden sebagai pengguna dengan Useability, Reliability, Functionality, Efficiency dari fitur FinTech E-Money Go-Pay.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Hummansi applies the Creative Commons Attribution (CC BY) license to works we publish. Under this license, authors retain ownership of the copyright for their content, grant the journal right of first publication, but allow anyone to download, reuse, reprint, modify, distribute and/or copy the content as long as the original authors and source are cited. No permission is required from the authors or the publishers. Appropriate attribution can be provided by simply citing the original article.
