Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto)

Authors

  • David Kristian Paath Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Ria Manurung Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

DOI:

https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.226

Keywords:

Kabupaten Banyumas, Kecamatan Purwokerto, Teknologi 4.0, Bank Indonesia, e-commerce

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor kecenderungan pengguna layanan transaksi digital terhadap Financial Technology (Fintech) dengan Model E-Money Go-Pay di Purwokerto. Data primer dikumpulkan dengan metode angket (kuisioner) dan wawancara (interview) dari responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara nonprobabilitas (nonacak) berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dan dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang dihimpun sebanyak 518 responden dari 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu Kecamatan Purwokerto Selatan, Barat, Timur dan Utara dengan ketentuan bahwa responden adalah pengguna Go-Pay di Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu masyarakat kota Purwokerto telah banyak menggunakan E-Money Go-Pay dalam melaksanakan aktivitas hariannya terutama dalam hal bertransaksi secara digital. Terdapat hubungan model pembayaran, durasi pemakaian FinTech E-Money Go-Pay di kota Purwokerto, jumlah karakteristik responden sebagai pengguna dengan Useability, Reliability, Functionality, Efficiency dari fitur FinTech E-Money Go-Pay.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-07

How to Cite

[1]
“Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay ‘Gojek’ di Purwokerto)”, J Hummansi, vol. 2, no. 2, pp. 38–45, Nov. 2019, doi: 10.33488/1.jh.2019.2.226.